Snorkeling di Sombu, Wanci, Wakatobi


sombu
Datang di Pulau Wanci sebagai gerbang permualaan saat menginjakan kaki di Wakatobi, maka kita akan membaca tagline di Pelabuhan Mandati yang berbunyi seperti ini :

 Selamat datang, di bumi surga nyata bawah laut, di jantung segitiga karang dunia.”

Surga nyata bawah laut

Siapapun yang mengunjungi Wakatobi pastinya ingin membuktikan tagline diatas, berlebihankah yang mereka sebut sebagai surga nyata bawah laut? Maka dari itu, wajiblah hukumnya untuk nengok bawah lautnya wakatobi ini, salah satunya di Wanci. Kegiatan bawah laut yang dapat kita pilih adalah Snorkeling dan Diving. Kali ini saya akan sedikit memaparkan mengenai kegiatan yang cukup mudah dilakukan oleh siapapun dan terjangkau dalam segi biaya namun keindahan yang ditawarkan tidak akan membuat kecewa.

Snorkeling di Sombu

Snorkeling yang saya sebutkan tadi menjadi salah satu alternatif wisata laut ketika kita mengunjungi objek wisata pantai wajib dicoba kalau mengunjungi tiap pulau di Wakatobi, begitu pula ketika singgah di Wanci. Untuk sebagian orang, snorkeling jadi alternatif selain diving, karena snorkeling lebih murah dibanding diving. Banyak spot yang bisa dijadikan lokasi snorkeling di Wanci, salah satunya di Sombu selain di Waha,Pantai Cemara, Kapota ataupun di Patuno Resort yang milik Bupati Wakatobi Pak Hugoa.

Snorkeling di wakatobi bisa dilakukan dimana-mana semaumu, hahaaa, lebih enak kalau kita punya satu set alat snorkeling sendiri, jadi ya tidak perlu ribet untuk pinjam alat kesan-sini deh. Coba juga jalan-jalan ke kampung bajo Mola lalu bisa nyemplung di lautnya yang bening banget sambil minta diantar ke spot yang bagus sama anak-anak kampung bajo yang pintar berenang dan menyelam sambil menombak ikan, atau yang lebih ekstrem bisa nyebur tuh dari atas kapal saat dalam perjalanan antar pulau wanci dan kaledupa yang disepanjang laut juga terlihat karang cantik juga ikan yang berwarna warni (tapi ini agak berbahaya, jangan dicoba ya adik-adik dan kakak-kakak).

Nah, kalau kita mau sewa alat snorkeling di wanci, bisa coba untuk sewa di kantor dive diarea Restoran Wisata pinggir Hotel Wakatobi. Kebetulan saat itu saya kenal dengan Kak Chiwank sebagai alah satu guide kami untuk snorkling dan diving selama di Wanci. Kalau nanti pas sewa alat snorkeling coba tanya deh minta guide untuk nemenin selama snorkeling, soalnya di Sombu itu lumayan gede arusnya, jadi musti hati-hati banget. Terus kalau ada guide kan bisa ditunjukin spot-spot bagus buat lihat karangnya.

IMG_0932

cerita pengalaman snorkeling di Sombu

Oke, jadi puda suatu sore saya dan rombongan akhirnya melakukan snorkling di Sombu. Sombu ini merupakan tempat upacara bendera bawah laut setiap tanggal 17 agustus, Kak Chiwank yang merupakan guide saya ini juga sebagai pesertanya dulu loh bareng Nadine candrawinata. Tiang benderanya masih ada loh dibawah laut, hihi saya sempet lihat dan pegang talinya :p
Karang di Sombu bagus, terjadap tebing karang yang bagus sekaligus serem juga, dalaaaaaam. Deg-degan juga saat saya nyoba snorkeling pada hari berikutnya nekat tanpa pelampung sementara arus lagi besaaar.
Waktu terbaik untuk snorkeling adalah saat pagi hari dimana laut masih tenang, air sangat jernih dan ikan masih banyak, jadi bisa deh seharian snorkeling dan renang-renang ceria di Sombu ini

IMG_0843 IMG_0853 IMG_0854 IMG_0898 IMG_0903

IMG_7052

Iklan