Diving untuk pemula di Sombu Jetty, Wanci Wakatobi


Mengenal Diving untuk pemula

sumber foto : ini

Sebelum nyemplung untuk diving, sebagai pemula wajib dong ya kenalan sama gear yang bakalan kita pake untuk diving. Yang pertama itu Air Tank (tabung oksigen), Wetsuit, Fins, Mask & Snorkel, dive boots, dan yang ga kalah penting nih BCD (Bouyancy Compensator Divice) serta perintilan kecil yang seperti regulator, Pressure & Deep Gauge (alat pengukur isi tabung selama penyelaman dan tingkat kedalaman), serta Weightbelet (pemberat).

Selain peralatan yang perlu kita ketahui juga itu adalah cara berkomunikasi dalam air bersama guide atau dive master yang membimbing kita saat diving dibawah air. Penting banget loh, soalnya kita kan ga bisa bicara terus agak ribet juga kalau pake papan tulis gitu komunikasinya. Banyak istilah yang Kak Chiwank sebagai guide saya waktu itu jelaskan mengenai komunikasi dalam air. Oke, turun, naik, trouble, jalan, mengambang, foto, dan lain-lain.

Saya nemu artikel yang menjelaksan cukup rinci mengenai teknik saat diving. Coba klik link ini

Spot Diving

sombu

Spot diving yang pakai saat itu adalah Sombu Jetty yang terletak di Pulau Wanci Kecamatan Wangi-wangi. Keterangan lebih lanjut mengenai spot diving Sombu Jetty ini bisa dilihat pada laman dive site berikut ini : Sombu Jetty

Disana memberi keterangan mengenai hal-hal sebagai berikut :

Dive site name: Sombu
Area: Wakatobi
Average depth: 20 meter
Maximum depth: 40 meter
Average horizontal visibility: 20 meter
Minimum water temperature: 27° C
Maximum water temperature: 29° C
Bottom contour: Drop Off, Steep Slope
Bottom composition: Coral reef, Rubble
Current: Long shore
Marine life: Trevallies, Snapper, Fussilier, Sweetlips, Butterfly, Cardinal, Angel, Grouper, Damselfish, Anthias, Wrasse, Parrot, Surgeon, Trigger, Box, Puffer, Porcupine, Gobies, Moray eels, Scorpion, Blennies, Dragonet
Coral reef: Good
Type of coral reef: N/A
Type of diving: Boat
Highlight: Schooling of Snapper-Fusiliers
Caution: N/A
Recommended for: All divers

Oia, Sombu Jetty merupakan tempat pengibaran bendera merah putih saat 17 Agustus 2011 yang dilakukan hampir 100 penyelam. Beritanya bisa dibaca di sini.

Berarti 2 peserta dari pengibar bendera itu adalah guide kami saat diving yaitu Kak Chiwank dan istrinya yang kala itu sedang hamil 2 bulan. wow.

This is the story. Pengalaman Diving di Sombu Jetty

This is, saya mau cerita pengalaman saya saat diving saat di wakatobi di Sombu Jetty bersama teman-teman saya. Guide saya waktu itu adalah Kak Chiwank yang kantornya di Restoran Wisata deket Hotel Wakatobi, untuk menemukan kantor dive ini ga akan susah kok, semua orang pasti tau, tanya saja mau ke Restoran Wisata.

Oke, biaya yang harus dikeluarkan untuk diving ini sekitar Rp. 500.000 plus kamera underwater yang dipakai 4 orang yang diving pada saat itu. Penting banget loh sewa kamera UW, masa iya kita diving ga pake poto-poto jadinya kan ga seru ga ada dokumentasi (padahal sebenernya mau pamer) hahahaaa. Oia, temen saya Baloy dia punya handphone yang bisa dipake di air gitu, tapi apesnya penutup lubang charger dia hilang jadi dia akalin ditutup pake karet bekas ban terus ditutup lagi pake selotip, bisa dibawa ke air sempet poto pake HP dia seperti yang sering kita lakukan di pantai saat snorkeling, tapi setelah 10 menit HP dia error. hahaha untung masih selamat pake jurus Hairdrayer hahaa

Pas pertama turun dengan seluruh peralatan diving lengkap, ribet banget, panik, susah turun ke bawah… ga bisa tenang. Tapi walhasil bisa turun juga, walaupun ga terlalu dalam. Gitu doang sih. Tapi temen saya sebagai pemula dia bisa turun sampe kedalaman 15 meter lebih, nekad emang dia. Di bawah juga dia nakal lepas masker buat di foto, tentunya setelah mendapat persetujuan guide.

Di dalam air hanya dihabiskan kurang dari 30 menit karena udah ga kuat. Ketemu banyak ikan lucu, tapi sayang tidak banyak, kita sempat foto di tempat yang dulu dilakukan pengibaran bendera 17 agustus 2011 oleh 100 penyelam.

Underwater photo

IMG_6999

Iklan