Tracking ke Gunung Api Purba, Nglanggerang


gunung purba (5)

Naik-naik ke puncak gunung, pasti capek sekali. Kali ini, trip singkat saya habiskan dengan teman-teman super dari Backpacker Indonesia Regional Bandung dengan judul Educational Trip to Yogyakarta. Kata Educationalnya mungkin saya akan jelaskan nanti. Sekarang saya bahas dulu tracking ke Gunung Api Purba, Nglanggerang.

Gunung Nglanggeran merupakan gunung purba api satu-satunya di Yogyakarta, teparnya di kawasan ekowisata Gunung Kidul yang sekarang menjadi salahsatu tempat wisata baru di Yogyakarta dan hampir mengalahkan pamor Pantai Parangtritis ataupun Prambanan.

gunung purba (29)

Gunung api purba ini terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Berdasarkan beberapa sumber penelitian, gunung api ini merupakan gunung berapi aktif  sekitar 60 juta tahun silam, makanya disebut gunung api purba. Gunung ini ciri khas bebatuan besar yang menjulang tinggi dengan gagah dan garang dengan warna hitam kelam, inilah yang menjadi daya tarik wisatawan dan biasanya digunakan untuk jalur pendakian.

Tak usah takut bagi para pendaki pemula seperti saya, mendaki gunung ini hanya diperlukan waktu sekitar 1 jam, tracknya tidak terlalu berat, sudah disediakan jalur yang cukup jelas dengan deretan tangga-tangga kecil sebagai pijakan. Salah satu bagian yang saya suka adalah adanya jalur sempit diantara batu besar yang menghimpit sehingga menyisakan jalan kecil dan kita harus jalan menyamping, taukah adegan film 127 hours, nah hampir seperti itu celah batunya. Belum lagi, adanya jalur yang mengharuskan kita sedikit deg-deg-an untuk rock climbing.

Kita akan menemukan beberapa pos tempat kita untuk sekedar istirahat mengatur nafas yang tersengal-sengal karena capek. Disaat itupula silahkan ambil gambar sepuasnya karena pemandangan disetiap pos puncak batu membuat kita terkagum-kagum. Sejauh mata memandang, hijau yang terlihat. Cocok untuk yang hendak melipir dari kepenatan kota yang sumpek. Mungkin camping disalah satu puncak gunung bisa menjadi alternatif bagi yang ingin menikmati liburan alam di gunung.

Tak usah takut juga biaya yang dikeluarkan tidak besar, hanya tiket masuk sebesar Rp. 3.000.

Biarkan potongan gambar ini yang berbicara 😀


gunung purba (27)
gunung purba (43) gunung purba (45) gunung purba (47) gunung purba (48) gunung purba (55) gunung purba (61)
gunung purba (72) gunung purba (73) gunung purba (85) gunung purba (111)

gunung purba (67)

Salam sayang untuk teman-teman super dari Backpecker Indonesia Regional Bandung. Yaaaaay

Iklan