Tanjungbalai Asahan, Sumatra Utara, Faktanya


Jembatan Sungai Asahan. Sumber : klik gambat

Selamat weekend

Dapet kerjaan di Medan untuk 1 bulan. Oke, take it. Tapi ternyata bukan Medan, bah itu yang ngasih info asal banget, intinya adalah kerjaan di Sumatra Utara tapi bukan Medan melainkan adalah Kota kecil di pinggiran dengan lokasi muara suangai Asahan, Tanjungbalai. Jauh banget dari Medan, 5 jam pake mobil booo. Tanjungbalai merupakan sebuah kota di Sumatra utara yang sama sekali tidak terasa sebagai sebuah ‘kota’, jauh dari hingar bingar, malah sering mati lampu (oke, mati lampu adalah masalah hidup yang ada di Sumut)

Fakta yang saya kumpulkan mengenai si Tanjungbalai ini 2 minggu disini…

  1. Tanjungbalai Asahan adalah kota kecil di Sumut, kota dengan muara sungai Asahan. Sungai Asahan ini merupakan sungai terpanjang di Sumatra Utara. Sungainya gede, tapi kotor, karena muara sih ya.
  2. Jembatan Sungai Asahan yang macet nauudzubillah saat weekend. Saya pernah terjebak dalam jalan jembatan dimana saat weekend semua orang tumpah nongkrong di trotoar jembatan, markirin motor sembarangan, bentor muter arah seenaknya. Sumpah baru kali ini saya lihat jalanan kacau banget tanpa ada satupun polisi yang mengatur kelancaran lalu lintas. Padahal kantor Polres ada sekitar 100 meter dari si jalanan yang macet. BAH !
  3. Namanya Kota, tapi tidak ada bioskop. OMG, minggu ini ada film yang ratingnya menyentuh angka 9,ย Gravity.ย Kapan aku bisa nonton? awal bulan saat ke kota?
  4. Kota Tanjungbalai itu kota kerang, di tugu ada lambang kerang, di alun-alun juga panggungnya pake ornamen kerang, tapi sampai sekarang saya belum makan kerang selama disini

    Alun-alun tanjung balai. Sumber : Klik gambar

  5. Jadwal mati lampu itu subuh, siang pas mau berangkat kerja, dan kadang-kadang malam.
  6. Ongkos bentor antara 5.000 – 10.000 hahaha
  7. Roti cane dan Martabak Mesir yang enak ada di Jalan Ahmad Yani depan PDAM
    20131009_210658

    Roti cane yang sederhana tapi enak

    20131009_210651

    Katanya martbak mesir

  8. Apa lagi?
  9. Dinas Pendidikannya keren sih, punya program pembinaan untuk anak-anak pilihan kabupaten dari tingkat SD sampai SMA untuk persiapan Olimpiade Provinsi, gratis :p (makanya saya ada di Kota TB ini)
  10. Lalu lintasnya kacau sekali -_-
  11. Tempat karokean nya beda dengan di Bandung. Kalau di Bandung sudah menjamur karoke family dengan room yang nyaman. Disini kita karoak di tempat terbuka dengan layar besar dan dihadapan banyak orang, seperti lagi orkes dangdut jadinya, bayar 1 lagu 2.000. Unik
IMG_1829

Tempat pembinaan anak-anak olimpiade

IMG_1903

Suatu senja

Tanjungbalai Asahan, akan jadi teman saya selama 1 bulan. Menambah daftar panjang perjalanan saya untuk semakin hidup, menambah pengalaman, menanam ilmu untuk mencerdaskan anak bangsa. Aamiin ๐Ÿ™‚

Bandung, kangeeeen ๐Ÿ˜ฅ

Iklan