di Papandayan


Apa yang akan kamu dapatkan dengan naik ke Papandayan disaat musim hujan? kedinginan? kehujanan? tenda banjir? Iya, saya mendapatkan itu, tapi saya mendapatkan lebih banyak dari sekedar itu. Kebebasan, kemauan hati untuk melakukan sesuatu tanpa perlu memikirkan banyak hal lainnya seperti hujan yang dia jadikan alasan untuk mencegah saya pergi ke Papandayan di Jumat itu.

Maka, saya memang tidak perlu meminta pendapat dari siapapun untuk melakukannya, percayalah pada diri sendiri, pada kedua kaki ini, juga pada hati.

***

Papandayan merupakan gunung di Garut yang menurut saya medannya cukup bersahabat untuk kaum lemah macam saya, asal sudah siap dengan segala peralatan yang diperlukan semisal Sleeping bag untuk tidur malam hari di tenda, jas hujan karena kita sedang dihadapkan pada musim hujan, jaket tebal, masker, serta lain-lainnya.

Apa yang bisa dilakukan saat musim hujan di Papandayan? banyak tentunya, tapi jangan berharap bisa bikin api unggun disaat malam hari, karena sepanjang malam hujan masih tetap turun. Sunrise-ing di pagi haripun gagal karena hujan bertamu kembali sejak subuh.
Jadi, yang dilakukan hanya seputaran masak-masak (goreng nugget, pisang goreng, goreng tempe, tahu) didepan tenda, selebihnya malah dengerin curhatan adik-adik cantik setenda tentang percintaan, ah tema cinta memang tak ada habisnya ya, pindah tenda untuk mencari obrolan lain, main game absurd demi membunuh dingin dari hujan, lalu menunggu kantuk datang.

Selebihnya, banyak kegiatan yang hanya dilakukan dengan diri sendiri, banyak ngobrol dengan hati, lebih banyak berpikir apa yang akan dilakukan nanti tahun depan, bagaimana besok, banyak sekali yang harus dikukan, lalu bertanya ” Si Jupleee kemana? katanya naik ke Papandayan tapi ga ketemu.”

Menjelang siang setelah bermain ke Tegal Alun yang penuh edelwis, singgah di Hutan mati serta mampir ke Puncak, sekitar jam 2 siang turun gunung disertai hujan rintik-rintik, turun dari Pondok Selada tanpa rem, jadi cuma makan waktu sekitar 1 jam, sementara rombongan dibelakang tertinggal 50 menit.

Akhirnya di Camp Dapid bertemu si Juple.

Ya begitulah Papandayan. Sampai bertemu lagi.

IMG_6117 IMG_5863 IMG_5869 IMG_6064 IMG_6102

IMG_0826

IMG_0787


IMG_0787

Iklan