Menginap ditengah laut, wisma apung Karimunjawa


image

Yay. Terwujud juga akhirnya menginap 3 hari di Wisma Apung ketika kemarin sempatkan berliburdi Karimunjawa selama 5 hari. Saya menyisihkan jadwal khusus untuk menikmati Sunrise dan sunset yang bisa dinikmati ditempat yang sama, ini memang jadi impian saya sejak 3 tahun lalu, ketika dulu saya cuma sekedar mampir tanpa menginap disana.

Wisma apung ini merupakan penginapan sederhana di tengah laut kepulauan karimunjawa, dekat dengan pulau menjangan besar. Walaupun wisma apung ditengah laut, tapi masih ada listrik (walaupun hanya menyala malah hari saja), tv, bahkan AC. Fasilitas memang seadanya, tapi jujur saja saya tidak lagi memikirkan ini itu, kecuali doing nothing sore-sore nonton sunset dengan matahari bulat sempurna. Pemiliknya Ibu Nurul dan Mas Ali yang jaga penginapan siap mengantar kita kedaratan karimunjawa kalau-kalau hendak mencari keramaian. Pengunjung wisma apung pada kedatangan saya kesana diisi penuh oleh perusahaan,  dan beberapa pasangan bule yang kerjaanya sun bathing tiap siang.
image

image

Di wisma apung sendiri memang diperuntukkan bagi yang menikmati liburan selow. Setiap saat kita bisa menikmati lautan yang warnanya crystal clear, bebas berenang di lautan depan kamar atau belakang kamar yang karangnya juga bagus serta banyak ikan kecil wara-wiri. Disana juga ada kolam yang berisi ikan hiu karang sirip hitam yang dipelihara dan melahirkan anak-anak hiu (tapi kasian juga itu Hiu malah dikolam), ada penyu, bintang laut, ikan lucu-lucu dikolam ditengah penginapan. Kita bisa menikmati sunset dibalkon belakang kamar dengan sempurna. Waktu itu balkon kamar yang saya tempati agak luas, jadilah menikmati sunset sambil minum hot chocolate sehabis renang di laut, jangan sampai lupa bawa partner paling asik untuk membicarakan segala kemungkinan mengai kehidupan, itu bisa jadi point penting.
image

image

image
image

Hal-hal yang harus dipersiapkan sendiri di wisma apung adalah perbekalan cemilan, karena kita jauh kalau tiba-tiba lapar tengah malam, lalu terminal colokan listrik untuk charge segala benda electronik, bawa juga peralatan snorkeling, jangan kaget juga bila wisma yang sering tiba-tiba goyang-goyang karena pengaruh ombak ataupun penghuni yang terlalu banyak gerak. Makan pagi yang disediakan oleh Wisma berupa nasi goreng atau ditambah roti bakar ala kadarnya, tapi kalau sarapannya sambil liat laut berasa special jadinya. Pas kedatangan saya kebetulan dapat makan siang gratis ala prasmanan dengan menu yang beragam, rasanyapun enak. Kata Mas Ali gratis saja makan mumpung lagi ada rombongan yang sewa wisma full jadilah berdampak bikin makan siang banyak dan bisa dinikmati penghuni lainnya.
image

image

image

image

image

Saya rasa, menginap di wisma apung merupakan cara lain menikmati Karimunjawa. Sediakan setidaknya 2 malam untuk stay, diluar kegiatan lainnya yang beragam bisa dilakukan bila berkunjung ke Karimunjawa.
Happy holiday, good people. Jangan terlalu serius kerja, sering-sering hadiahi diri sendiri dengan hal-hal yang seru.

There’s something about a holiday that isn’t all about how much money you spend.
Hilarie Burton

Iklan