Learning Management System Dokeos


Apa itu LMS ? Apa itu Learning Management System ?

Mari kita bahas 🙂

LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah software yang digunakan untuk keperluan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan secara online dengan bantuan internet. Berhubungan dengan LMS, maka erat kaitanya juga dengan e-learning atau electronic learning. Semua kegiatan pembelajaran ini berlangsung secara online.

Sebuah LMS haruslah memiliki kriteria sebagai berikut :

Karakteristik bersama oleh kedua jenis LMSs meliputi:

  • Mengelola pengguna, peran, kursus, instruktur, fasilitas, dan menghasilkanaporan
  • Kursus kalender
  • Learning Path
  • Mahasiswa dan pemberitahuan pesan
  • Penilaian dan penanganan pengujian sebelum dan setelah pengujian
  • Tampilan dan transkrip nilai
  • Web-based atau program pengiriman dicampur

Sedangkan Dokeos? Apa itu Dokeos?

Dokeos adalah jenis dari sekian banyak LMS yang berkembang. Dokeos adalah elearning tools untuk aplikasi berbasis web. Dokeos ini free alias gratis dan dokeos adalah software yang direlease oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional. Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan. Contennya meliputi distribusi bahan pelajaran , kalender , progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun video, latihan dan test, serta menyimpan catatan.

Pada tahun 2004 dokeos sudah ditranslate ke dalam 31 bahasa dan digunakan oleh lebih dari ratusan organisasi. Tujuan utama dari dokeos adalah menjadi sebuah learning management sistem yang userfriendly dan flexibel sehingga dapat mudah dipakai oleh pendidik dalam rangka pembelajaran yang inovatif.

Mari kepada semua pendidik yang peduli dengan perkembangan pembelajaran, mulailah menggunakan tools yang dapat memberi inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih aktif, kreatif dan fress, tidak monoton dan memanfaatkan TIK secara optimal.

Selanjutnya saya akan bahas mengenai instalasi Dokeos. Tunggu tulisan saya selanjutnya 🙂